Sabtu, 15 Juli 2017

RANGKAIAN SEKUENSIAL



Counter
Counter atau pencacah adalah suatu piranti digital,berfungsi untuk menghitung banyaknya input yang masuk yang dinyatakan bilangan biner. Counter dapat dibuat menggunakan d flip-flop atau jk flip-flop.Hampir seluruh peralatan elektronik yang mempergunakan sistem digital  di dalam rangkaiannya berisi suatu alat yang dapat mengontrol urutan operasi program. Alat tersebut dinamakan dengan pencacah atau counter.

Counter UP
Up counter adalah rangkaian counter yang berfungsi menghitung naik. Pencacah naik melakukan cacahan dari kecil ke arah besar, kemudian kembali ke cacahan awal secara otomatis.digunakan untuk berbagai operasi aritmatika, pembagi frekuensi, penghitung jarak (odometer)

Counter DOWN
Down counter adalah rangkaian yang berfungsi menghitung turun. Counter Down serangkaian flip-flop yang di hubungkan secara seri dengancara output flip-flop yang pertama menjadi input flip-flop berikutnya. jenis ini dapat kita temui pada lampu lalu lintas dimana bilangan akan menghitung mundur sampai angka 0.

Gambar Counter 8 bit



Pengertian Register Geser

Register Geser adalah suatu susunan pendaftaran informasi yang ada pada rankaian elektronika dimana informasi dapat digeserkan. Dalam register geser ada beberapa flip-flop yang saling dikoneksikan, sehingga informasi yang sudah terdaftar dapat digeserkan dari satu flip-flop ke flip-flop yang lain. Register dapat langsung disusun dengan flip-flop.

Register Geser seri
Register geser seri hanya satu bit data yang dapat dimasukkan kedalam register dalam suatu waktu. contoh, apabila kita ingin memasukkan 0111 ke dalam register, kita harus melalui jajaran baris 1 sampai 6 sehingga membutuhkan lima langkah.

Register Geser parallel
Register geser parallel hampir sama dengan register geser seri, namun sistem ini merupakan sistem yang memungkinkan pembebanan paralel sekaligus 4-bit sehingga mempunyai sifat simulasi kembali yang akan mengembalikan data keluaran kedalam masukan sehingga tidak hilang.

Gambar REGISTER 8 bit








Sumber:
-http://www.jalankatak.com/counter-pengertian-fungsi-dan-cara-kerja/
-http://dizanissaps.blogspot.co.id/2016/06/counter-up-dan-counter-down.html
-http://www.uniksharianja.com/2015/05/counter-atau-rangkaian-pencacah.html
-http://adityarizki.net/2011/07/05/tutorial-teknik-digital-rangkaian-pencacah-counter/
-http://www.tambangilmu.com/2016/05/pengertian-register-geser-dan-jenis.html
-http://yudiarfan2035.blogspot.co.id/2016/05/register-geser.html





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PIPELINING DAN RISC

Pengertian Pipeline Pipeline adalah suatu cara yang digunakan untuk melakukan sejumlah kerja secara bersama tetapi dalam tahap yang b...